Makanan Pantangan Anak Hiperaktif

Selama bertahun-tahun, ahli kesehatan telah berspekulasi mengenai makanan tertentu yang dapat menyebabkan masalah pada anak hiperaktif atau ADHD. Namun, para ahli dari MayoClinic tidak percaya bahwa makanan dan minuman tertentu dapat menimbulkan dampak hiperaktif pada anak-anak, faktanya adalah makanan tertentu dapat memperparah gejala hiperaktif pada anak Anda.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa anak dengan masalah hiperaktif kekurangan asupan asam lemak esensial. Asam lemak omega-3 mempengaruhi transmisi dari beberapa neurotransmitter atau zat kimia di otak. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa gejala anak hiperaktif dan kekurangan asam lemak omega-3 memiliki kesamaan yakni mudah haus dan sering buang air kecil.

Selain itu, beberapa makanan dan minuman tertentu diketahui memperparah gejala hiperaktif pada anak Anda.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai makanan pantangan anak hiperaktif yang harus dijauhi sebagaimana dikutip dari Every Day Health.

Makanan Pantangan Anak Hiperaktif

1. Permen

Permen penuh akan kandungan gula dan zat pewarna buatan, kombinasi yang buruk bagi anak hiperaktif. Kedua bahan kimia di atas dapat memperparah gejala hiperaktif.

2. Soda, Kafein dan Minuman Ringan

Jauhkan anak Anda dari minuman bersoda–bahkan jika tidak memiliki gejala hiperaktif menjauhi soda baik bagi kesehatan–, selain itu jauhkan pula dari minuman yang mengandung kafein serta minuman ringan lainnya.

Jenis minuman ini tinggi akan kandungan gula dan pemanis buatan yang buruk bagi anak hiperaktif. Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 menemukan bahwa anak-anak berusia lima tahun yang mengonsumsi soda menunjukan sifat agresif dan menarik diri lingkungan sosial.

3. Buah dan Sayur Kalengan

Meski buah dan sayuran merupakan makanan yang baik untuk kesehatan, namun pastikan buah dan sayuran yang Anda konsumsi adalah yang segar. Buah dan sayuran kalengan memiliki kandungan garam dan zat pewarna yang tinggi. Selain itu kandungan zat pengawet untuk mencegah pembusukan dapat mempengaruhi sistem saraf anak sehingga menyebabkan masalah prilaku.

4. Cake

Cake merupakan sumber gula dan pewarna buatan yang dapat memperparah gejala anak hiperaktif. mengutip Naheed Ali, peneliti sekaligus penulis Diabetes and You: A Comprehensive, Holistic Approach mengatakan bahwa mengonsumsi produk makanan dengan tambahan pemanis buatan dapat meningkatkan gejala hiperaktif.

5. Minuman Energi

Minuman energi kini populer diminum oleh anak-anak hingga remaja. Sayangnya minuman ini mengandung bahan-bahan yang justru dapat memperparah gejala hiperaktif pada anak-anak dan remaja seperti :

  • Gula
  • Pemanis Buatan
  • Zat Pewarna
  • Kafein
  • dan Kimia lainnya.

Minuman energi berada dalam daftar teratas makanan pantangan anak hiperaktif karena dapat menyebabkan masalah prilaku.

6. Makanan Laut

Mengonsumsi makanan laut yang tinggi kandungan merkuri dapat menyebabkan masalah hiperaktif pada anak. Zat merkuri sulit untuk dicerna oleh tubuh dan akan menumpuk pada otak dalam jangka panjang. Kondisi ini dapat menyebabkan beragam penyakit serius dan dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif.

Oleh karena itu sebaiknya hindari konsumsi makanan laut tinggi merkuri seperti :

  • Ikan Hiu
  • Ikan Todak
  • Ikan Kakap
  • Ikan Tuna
  • Kerang

7. Makanan Berlemak

Makanan berlemak buruk bagi anak yang memiliki masalah hiperaktif. Makanan dengan kandungan lemak trans yang tinggi dapat mempengaruhi kerja saraf dan menimbulkan ketidaknyamanan, masalah perilaku, menarik diri dari pergaulan, prestasi yang rendah dan masalah disiplin lainnya.

Oleh karena itu, jauhkan anak-anak Anda dari makanan berlemak dan yang mengandung lemak trans yang tinggi seperti makanan cepat saji karena dapat memperparah gejala anak hiperaktif.

Baca Juga:
Makanan Pantangan Batuk 
Makanan Pantangan Alergi pada Anak
Makanan Pantangan Radang Tenggorokan

Demikian pembahasan mengenai Makanan Pantangan Anak Hiperaktif, semoga bermanfaat dan menambah wawasan And a mengenai makanan yang sehat bagi anak-anak Anda.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Amandel Amandel atau dalam dunia medis disebut tonsilitis merupakan kondisi dimana terjadinya pembesaran dari tonsil pada dinding belakang mulut. Kelenjar...
Makanan Pantangan Bisul Bisul merupakan kondisi munculnya benjolan berisi nanah pada kulit disekitar Ketika, Leher,bahu, Pantat dan Lipatan Paha. Selain menyebabkan rasa ...
Makanan Pantangan Saat Haid Menjelang haid sebagian wanita mengalami peningkatan nafsu makan kesukaan seperti junk food ataupun lainnya. Namun, tahukah Anda terdapat makanan ...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.