Makanan Pantangan Asma

Makanan Pantangan Asma

Jika Anda penderita asma tentu Anda bertanya-tanya makanan apa yang dapat membantu Anda untuk mengatasi asma. Sayangnya hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa makanan atau diet tertentu dapat menyembuhkan penyakit asma.

Namun meski demikian, terdapat makanan pantangan bagi penderita asma yang sebaiknya dihindari karena dapat memperparah serangan asma.

Umumnya penderita asma alergi terhadap makanan tertentu, mereka yang mengonsumsi makanan yang memicu alergi dapat menimbulkan gejala asma seperti Bersin-bersin, Batuk dan Sesak Nafas.

Bagi penderita asma, mengonsumsi makanan-makanan penyebab alergi menyebabkan sistem imun mereka menjadi over-reaktif dan melepaskan zat kimia yang disebut histamin. Pelepasan Histamin ini lah yang menyebabkan kambuhnya asma yang muncul sesaat setelah Anda mengonsumsi makanan tersebut hingga 48 jam kemudian.

Untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang membuat Anda alergi, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter keluarga Anda untuk mendapatkan saran yang tepat. Namun, tidak ada salahnya untuk membaca daftar penyebab alergi yang kami kutip dari Ashtma.co.uk.

Makanan Pantangan bagi Penderita Asma

1. Susu

Beberapa kecil anak-anak alergi terhadap susu sapi, beberapa reaksi alergi yang timbul adalah bersin-bersin dan susah bernafas. Oleh karenanya, jika setelah minum susu anak Anda menjadi sulit bernafas sebaiknya hindari susu dan produk turunannya seperti Keju, Yoghurt dan Es Krim dari menu harian mereka.

2. Telur

Sama seperti halnya susu, yang rentan alergi terhadap telur adalah anak-anak karena sistem pencernaan mereka belum tumbuh sempurna untuk mencerna protein telur. Telur terlebih yang setengah matang sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan reaksi alergi pada anak-anak dan penderita asma.

3. Kacang-kacangan

Kacang merupakan makanan yang sangat umum dikenal sebagai penyebab alergi pada anak dan orang dewasa. Reaksi alergi yang ditimbulkan oleh kacang sangat beragam mulai dari muncul ruam pada kulit hingga sesak nafas serius yang dapat mengancam hidup seseorang.

4. Biji-bijian

Biji-bijian seperti Wijen dapat menyebabkan reaksi alergi yang cukup serius bagi mereka yang rentan terhadap wijen. Oleh karena itu, bagi penderita asma sebaiknya hindari konsumsi biji-bijian seperti wijen dan biji bunga matahari.

5. Makanan Laut

Satu dari 200 orang memiliki alergi terhadap ikan laut dan satu dari 100 orang memiliki alergi terhadap kerang, makanan laut layaknya kacang merupakan makanan yang dikenal sebagai penyebab alergi.

Reaksi yang ditimbulkan oleh makanan laut mulai dari gatal-gatal, ruam pada kulit hingga sesak nafas. Oleh karenanya penderita asma sebaiknya menghindari konsumsi makanan laut.

6. Gandum

Meski tidak semua orang alergi terhadap gandum, namun gandum sebagai penyebab asma kambuh merupakan fakta. Gejala yang ditimbulkan oleh alergi gandum adalah ruam kulit, bersin-bersin, mata merah, diare anda eczema.

Terdapat pula laporan yang menyebabkan bahwa mereka yang bekerja di industri Bakery lebih rentan mengidap asma karena menghirup tepung gandum.

7. Kacang Kedelai

kacang kedelai beserta produk turunannya seperti susu kedelai, kecap, margarin dan bahan tambahan sup merupakan pantangan bagi penderita asma.

8. Sulphites dan Tartazine

Sulphites merupakan sejenis garam yang umum digunakan dalam industri pengolahan makanan kemasan sebagai bahan pengawet, sedangkan tartazine merupakan pewarna makanan. Makanan yang mengandung kedua bahan kimia diatas dapat menyebabkan reaksi alergi dan menyebabkan asma kambuh oleh karenanya hindari konsumsi makanan olahan seperti :

  • Daging Kalengan
  • Ikan Kalengan
  • Daging HAM
  • Daging Sosis
  • Sayur Kalengan
  • Buah Kalengan
  • Sup Kalengan
  • Acar
  • Wine
  • Buah Kering

9. Salisilat

Salisilat merupakan bahan kimia yang ditemukan pada produk makanan dan minuman seperti Teh, Kopi dan bahan-bahan herbal kering-dan juga merupakan bahan utama dalam obat aspirin.

Beberapa orang yang memiliki asma sangat sensitif terhadap salisilat oleh karenanya sebaiknya hindari produk-produk diatas untuk mencegah asma Anda kumat.

Demikian pembahasan mengenai makanan pantangan asma, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menangani penyakit asma.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Carpal Tunnel Syndrome Carpal Tunnel Syndrome adalah penyakit gangguan saraf pada pergelangan tangan yang gejala utamanya adalah muncul rasa nyeri dan kesemutan pada tig...
Makanan Pantangan Ambeien Ambeien adalah pembengkakan saluran pembuangan manusia yang ditandai dengan munculnya benjolan baik diluar maupun di dalam rongga anus yang diseba...
Makanan Pantangan Disfungsi Ereksi Disfungsi ereksi atau kerap disebut impotensi merupakan salah satu jenis gangguan seksual yang dialami oleh pria, Disfungsi ereksi dapat menyerang...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.