Makanan Pantangan Cacar Ular

makanan pantangan cacar ular

Penyakit Cacar Ular atau dalam istilah medis disebut dengan cacar ular merupakan penyakit yang disebabkan oleh reaktivasi virus herpes zoster dalam tubuh. Bagi Anda yang pernah mengalami cacar air mesti berhati-hati karena virus varicella tidak benar-benar hilang, namun hanya tertidur dan dapat aktiv kembali.

Gejala Cacar Ular

Penyakit cacar ular memiliki masa inkubasi 10-14 hari dengan gejala yang menyertainya adalah badan meriang, kepala pusing, dan kehilangan nafsu makan. Area infeksi akan terasa perih kemudian disusul munculnya binti-bintik berisi cairan.

Karena bintik-bintik kecil ini menyerupai dengan bintik pada cacar air maka herpes zoster atau cacar ular merupakan kelanjutan dari virus cacar air. Jika sistem imun tubuh tidak dalam kondisi maksimal maka tidak menutup kemungkinan bintik-bintik ini akan menyerang seluruh bagian tubuh.

Penyakit cacar ular dapat menyerang orang-orang dari segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Penyakit ini menyerang kulit dan selaput lendir, biasanya area kulit sekitar wajah dan dada yang rentan terhadap serangan virus ini.

Makanan Pantangan Cacar Ular

Ada dua jenis penyakit cacar ular,yakni herpes simpleks dan herpes-zoster. Pantangan penyakit herpes zoster atau cacar ular adalah makanan yang mengandung arginine atau asam amino tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan coklat. Asam amino yang terdapat pada makanan tersebut merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh virus untuk menduplikasi diri, sehingga makanan dengan asam amino tinggi dapat memperparah kondisi cacar ular. Berikut ini merupakan pantangan makanan penyakit cacar ular.

  1. Daging Merah

    Bagi penderita cacar ular sangat dilarang untuk mengonsumsi segala macam jenis daging, seperti daging sapi, daging kerbau, daging kambing, daging babi dan daging ayam. Hal ini dikarenakan konsumsi daging dapat meningkatkan suhu tubuh, sehingga memperparah gejala penyakit cacar ular yang umumnya mengalami demam.

    Baca Juga: Makanan Pantangan Vertigo

  2. Makanan Laut

    Makanan laut merupakan salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita cacar air, hal ini dikarenakan makanan laut merupakan sumber protein yang tinggi. Protein dapat menyebabkan iritasi kulit semakin parah. Mulai kini batasi konsumsi ikan bandeng, ikan tongkol,ikan asin, cumi, kepiting dan kerang.

  3. Telur dan Ayam

    Selain makanan laut, telur dan ayam merupakan makanan sumber protein yang harus dihindari oleh penderita cacar ular karena kandungan protein yang tinggi. Seperti yang dijelaskan diatas, protein pada makanan dapat menyebabkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit Anda.

  4. Alkohol

    Konsumsi alkohol merupakan pantangan penderita cacar ular, hal ini dikarenakan alkohol dapat menganggu metabolisme tubuh dan menurunkan sistem kekebalan tubuh dalam membasmi virus penyebab cacar ular. Selain itu, alkohol juga dapat menghambat penyerapan vitamin dan cairan oleh tubuh, kondisi ini dapat menghambat proses penyembuhan.

    Baca Juga: Makanan Pantangan Ambeien

  5. Kafein

    Kafein yang terdapat pada kopi, Teh dan Coklat merupakan faktor yang dapat memperburuk kondisi herpes, karena dapat memicu berkembangnya virus dalam tubuh. Selain itu, Kafein dapat menyebabkan dehidrasi karena meningkatnya frekuensi buang air kecil.

  6. Beras Merah

    Beras merah tinggi akan kandungan arginine atau asam amino yang dibutuhkan virus untuk berkembang biak, jadi hindari beras merah saat terserang penyakit cacar ular.

    Selain menghindari makanan-makanan diatas, hindari juga kebiasan-kebiasaan yang buruk bagi penyakit cacar air seperti :

    • Jangan memencet bintik-bintik untuk mengeluarkan cairan didalamnya.
    • Penderita cacar ular tidak boleh terkena angin, jadi sebaiknya bed rest dirumah dan hindari penggunaan kipas angin.

Demikian pembahasan mengenai makanan pantangan cacar ular, untuk mengatasi penyakit cacar ular Anda harus memperhatikan asupan makanan dengan gizi seimbang dan menjauhi makanan yang dilarang serta makanan yang dapat menyebabkan alergi pada diri Anda. Selain itu, konsumsi suplemen penunjang daya tahan tubuh. Karena tubuh memerlukan sistem kekebalan tubuh yang prima untuk mengatasi virus varicella zoster.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Sinusitis Mengutip Alodokter, pengertian Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada dinding Sinus--rongga kecil berisi udara yang berada di belakang pip...
Makanan Pantangan Fistula Ani Fistula Ani adalah kondisi dimana terjadinya hubungan antara saluran pembuangan kotoran dengan area kulit. Hal ini disebabkan karena adanya peradang...
Makanan Pantangan Amandel Amandel atau dalam dunia medis disebut tonsilitis merupakan kondisi dimana terjadinya pembesaran dari tonsil pada dinding belakang mulut. Kelenjar...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.