Makanan Pantangan Cepat Hamil

Makanan Pantangan Cepat Hamil

Study terakhir dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics yang dikutip dari Glamour.com mengungkapkan banyak wanita yang merencanakan kehamilan namun tidak diimbangi dengan konsumsi makanan sehat yang dapat membantu kesuburan mereka.

Bagi mereka yang sedang dalam program hamil diharuskan untuk mengonsumsi banyak buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian dan makanan sehat rendah lemak lainnya. Dan menghindari makanan-makanan yang mengandung hormon sintetis dan zat kimia lainnya yang dapat menghambat kesuburan wanita.

Berikut ini kami ulas makanan pantangan cepat hamil yang harus Anda jauhi untuk menjaga kesuburan wanita sebagaimana dikutip dari Glamour.com.

Makanan Pantangan Cepat Hamil

1. Seafood

Makanan laut merupakan makanan pantangan kesuburan wanita. Hal ini disebabkan risiko tingginya kandungan merkuri pada makanan laut yang dapat menyebabkan masalah kesuburan pada wanita. Bahkan jika dikonsumsi saat hamil, kandungan merkuri pada seafood dapat merusak jaringan saraf pada janin.

Baca Juga: Makanan Pantangan Ibu Hamil

2. Daging Olahan

Daging olahan seperti daging ham, daging hotdog dan ikan asin besar kemungkinan terkontaminasi bakteri Listeria dalam proses pengolahannya. Jika kalian ingin mengonsumsi daging olahan sebaiknya dimasak pada suhu panas untuk memastikan bakteri di dalamnya sudah mati.

3. Makanan Mentah

Makanan Mentah seperti Sushi dan Telur Setengah Matang kemungkinan besar mengandung Bakteri Salmonella, Bakteri Coliform, dan Toksoplasmosis yang dapat menganggu kesuburan wanita. Bahkan, makanan mentah dilarang bagi mereka yang tengah berada pada trimester pertama kehamilan karena bakteri diatas dapat menembus placenta dan mempengaruhi kehamilan.

Baca Juga: Makanan Pantangan Ibu Hamil Muda

4. Minuman Bersoda

Minuman bersoda dapat menyebabkan peradangan dan menganggu metabolisme karena dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis. Selain itu, minuman bersoda yang dikemas dalam botol plastik kemungkinan mengandung BPA, senyawa kimia yang buruk bagi kesuburan wanita.

5. Makanan Berlemak

Makanan dengan kandungan lemak trans tinggi seperti Popcorn dan makanan yang diolah dengan cara digoreng dapat menyebabkan berbagai masalah seperti Liver, Kolesterol dan Asam urat. Selain itu makanan tinggi lemak dapat menyebabkan peradangan dan membuat tubuh menjadi resistan terhadap insulin yang berakibat menurunnya kesuburan.

Makanan berlemak dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang dapat menghambat penyaluran nutrisi ke sistem reproduksi wanita. Pun demikian bagi pria makanan berlemak dapat mengurangi jumlah sperma.

6. Makanan Tinggi Gula

Jika Anda ingin meningkatkan kesuburan sebaiknya mulai saat ini hindari makanan tinggi gula. Makanan manis dapat meningkatkan kadar gula darah yang dapat menyebabkan berbagai masalah seperti peradangan, ketidakseimbangan hormon dan menghambat ovulasi pada rahim wanita.

Sebaiknya saat dalam program hamil masukan menu karbohidrat seperti roti gandum, nasi putih dan pasta dan protein, serat dan lemak jenuh yang seimbang.

7. Susu Rendah Lemak

Mengonsumsi susu rendah lemak atau produk turunannya seperit Yogurt, Keju dan Es Krim dapat menghambat kesuburan wanita. Hal ini dikarenakan susu rendah lemak mengandung hormon androgen, hormon ini dapat menganggu siklus menstruasi Anda.

8. Alkohol

Alkohol merupakan makanan pantangan cepat hamil, alkohol berkaitan langsung dengan kesuburan wanita karena menghambat penyerapan vitamin B dan menurunkan kesempatan Anda untuk hamil.

9. Makanan dan Minuman Kemasan Plastik

Hindari konsumsi makanan dan minuman kemasan plastik, hal ini dikarenakan kemasan yang digunakan untuk membungkus makanan tersebut kemungkinan mengandung senyawa kimia BPA yang dapat menghambat kesuburan Pria dan Wanita.

10. Keju Tanpa Pasteurisasi

Konsumsi keju yang diolah tanpa proses pasteurisasi berpotensi mengandung bakteri Listeria. Bakteri ini dapat meningkatkan risiko keguguran karena dapat menginfeksi rahim dan janin. Sebaiknya hindari konsumsi keju Brie, Roquefort, Camembert dan Gorgonzola.

Demikian pembahasan makanan pantangan cepat hamil yang dapat Anda keluarkan dari menu harian Anda agar cepat hamil.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Darah Rendah Tekanan Darah Rendah atau Anemia merupakan kondisi dimana tekanan darah Anda berada dibawah 120/80 mmHg. Gejala yang ditimbulkan berupa lemas, pus...
Makanan Pantangan Fistula Ani Fistula Ani adalah kondisi dimana terjadinya hubungan antara saluran pembuangan kotoran dengan area kulit. Hal ini disebabkan karena adanya peradang...
Makanan Pantangan Batu Empedu Batu empedu adalah kondisi dimana terjadi pengkristalan enzim percenaan pada empedu. Empedu sendiri adalah kantung kecil yang letaknya berada deka...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.