Makanan Pantangan Darah Tinggi

 

makanan pantangan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau Hypertensi adalah kondisi dimana terjadinya peningkatan tekanan pada pembuluh darah, hal ini mengakibatkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Penyakit tekanan darah tinggi ini menyerang siapa saja yang telah mencapai usia 18 tahun ke atas.

Banyak dari mereka yang memiliki tekanan darah tinggi tapi tidak menyadarinya karena memang tidak ada gejala yang ditunjukan, dan komplikasi penyakit yang disebabkan oleh darah tinggi diantaranya, penyakit jantung, stroke, aneurisma dan gagal ginjal. Oleh karena itu, penyakit ini disebut sebagai “Silent Killer”.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga tekanan darah Anda tetap Normal, standarnya ukuran darah yang dapat dikatakan normal adalah 120/80 mmHg dan 120/90 mmHg sudah tergolong hypertensi. Untuk menjaga tekanan darah tetap normal Anda harus menerapkan pola hidup dan mengontrol pola makan Anda.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai makanan pantangan darah tinggi yang Harus Anda jauhi untuk menghindari peningkatan tekanan darah sebagaimana dikutip dari Healthline.com. Simak penjelasannya berikut ini.

Makanan Pantangan Darah Tinggi

1. Garam

Garam dan Sodium merupakan musuh utama bagi penderita tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Sebuah lembaga kesehatan di Amerik Serikat menyarankan bagi penderita tekanan darah tinggi atau pre-hypertensi untuk membatasi asupan sodium mereka maksimal 1,500 miligram per hari.

Berdasarkan Lembaga Obat dan Makanan Amerika Serikat, sekitar 75 persen asupan Sodium terdapat dari makanan kemasan, bukan dari garam dapur. Makanan kemasa yang mengung banyak garam dan Sodium diantaranya :

  • Daging Kalengan
  • Jus Sayuran
  • Sup Kalengan
  • Buah Kalengan
  • Acar
  • Sosis
  • Ham

2. Daging Olahan

Daging olahan merupakan sumber sodium paling tinggi, dalam proses pengolahannya umumnya ditambahkan zat pengawet, zat pewarna, zat perasa dan garam. Data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat mengungkapkan, dalam dua ons dagingolahan mengandung setidaknya 500 mg sodium.

Hal ini diperparah bila kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji yang menyajikan daging olahan yang dibarengi dengan roti gandung, keju dan acar yang membuat Anda kelebihan Sodium.

Sebaiknya hindari mengonsumsi daging olahan seperti:

  • Daging Kalengan
  • Daging Sosis
  • Daging Ham
  • Ikan Asin

3. Acar

Mengonsumsi acar sebagai pendamping makanan merupakan pantangan bagi penderita hipertensi, acar mengandung garam dalam jumlah banyak dan buah Mentimun dapat menjadi sponge yang menyerap kandungan garam lebih tinggi.

Semakin lama proses pengolahan acar maka semakin tinggi pula kandungan garamnya. Dalam satu porsi acara setidaknya mengandung sodium sebanyak 362 mg. Seperti yang dijelaskan diatas, makanan dengan kandungan garam tinggi akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Makanan Kalengan

Saat ini semakin banyak orang yang memilih sayur kalengan karena mudah disajikan dan tahan lama. Namun, tahukah Anda, dalam sayur kalengan setidak terdapat zat pengawet, zat pewarna, zat perasa dan mengandung sodium yang tinggi.

Dalam sayur kalengan terdapat setidaknya 550 mg sodium dan jus sayuran kemasan mengandung 615 mg sodium. Dalam setengah gelas sup kalengan terdapat setidaknya 900 mg sodium. Jika Anda mengonsumsi satu kaleng sup maka sama saja Anda mengonsumsi lebih dari 2,225 mg sodium. Hal ini melebihi batas konsumsi sodium harian Anda.

Oleh karena itu sebaiknya hindari mengonsumsi makanan kalengan seperti:

  • Ikan Kalengan
  • Daging Kalengan
  • Sup Kalengan
  • Buah Kalengan
  • Sayur Kalengan

5. Gula

Makanan Pantangan Darah Tinggi selanjutnya adalah Gula, konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan seperti obesitas dan tekanan darah tinggi.

Gula, khususnya makanan dan minuman yang mengandung gula merupakan salah satu penyebab tinggi angka obesitas di Indonesia. Obesitas atau kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab tekanan darah tinggi dan diabetes. Asosiasi Kesehatan jantung Amerika Serikat memberikan panduan batas maksimal konsumsi gula harian adalah enam sendok teh atau 24 gram.

Baca Juga: Makanan Pantangan Diabetes

6. Makanan Berlemak

Bagi penderita hipertensi diwajibkan untuk mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan lemak trans yang tinggi, seperti:

  • Kulit Ayam
  • Daging Merah: Daging Sapi, Kerbau dan Kambing
  • Mentega
  • Susu Tinggi Lemak
  • Keju
  • Es Krim
  • Makanan yang Digoreng

Lemak Trans secara alami dapat ditemukan pada daging merah dan produk susu. Lemak trans terbentuk dari proses Hydrogenated yang dimana cairan minyak yang tercampur air dan membentuk lemak. Minyak Hydrogenated berfungsi sebagai zat pengawet makanan kemasan.

Mengonsumsi terlalu banyak lemak trans dapat mengakibatkan LDL, lemak jahat penyebab Kolesterol. Kandungan lemak LDL tinggi dapat memperparah penyakit Tekanan Darah Tinggi dan dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Untuk mengurangi risiko penyakit tekanan darah tinggi sebaiknya hindari makanan dengan kandungan lemak tinggi.

Baca Juga: Makanan Pantangan Penyakit Jantung

7. Alkohol

Konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dan sering dapat meningkatkan tekanan darah. Bahkan terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan risiko kanker.

Mengutip dari MayoClinic.com, mengonsumsi tiga sloki alkohol dapat menyebabkan peningkatan darah, konsumsi lebih dari itu akan menyebabkan masalah serius penyakit kardiovaskular.

Alkohol juga mengurangi efektivitas obat penurun tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan kalori yang tinggi dalam alkohol dapat menyebabkan obesitas, kelebihan berat merupakan penyebab tekanan darah tinggi.

8. Kafein

Bagi penderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti Kopi, Teh dan Coklat. Seperti halnya Alkohol, konsumsi Kafein dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi secara permanen.

9. Mie Instan

Mie instan seolah makanan pengganti nasi yang tidak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia, namun bagi penderita tekanan darah tinggi konsumsi mie instan merupakan pantangan karena tingginya kandungan Sodium dan beragam zat kimia seperti pengawet dan perasa. Seperti yang dijelaskan di atas, Sodium yang terlampau tinggi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Selain itu, mie yang dibuat dari tepung gandum juga berdampak negatif bagi kesehatan bila dikonsumsi dalam jangka panjang.

10. Roti

Roti merupakan salah satu makanan ringan favorit di Indonesia. Namun, tahukah Anda? dalam roti gandum yang diolah dengan cara di oven mengandung Lemak Trans, Gula dan Sodium yang tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak roti seperti Pastry, Cakes dan Biskuit dapat menyebabkan obesitas yang juga menyebabkan masalah tekanan darah tinggi.

Demikian pembahasan mengenai Makanan Pantangan Darah Tinggi yang dapat Anda terapkan dalam menu harian Anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga Kesehatan,.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Maag Maag atau Dispepsia adalah penyakit yang menyerang organ pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri Heliobacter yang menyerang dinding lambin...
Makanan Pantangan Asam Lambung Penyakit asam lambung atau GERD memang terdengar seperti penyakit yang tidak berbahaya setidaknya sampai Anda mengalaminya gejalanya seperti: Sens...
Makanan Pantangan Nefrotik Sindrom Sindrom Nefrotik merupakan penyakit yang disebabkan oleh rusaknya ginjal, sehingga protein akan dikeluarkan melalui urin. Mereka yang menderita pe...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.