Makanan Pantangan Diare

Makanan Pantangan Diare

Diare merupakan kondisi gangguan pencernaan yang disebabkan oleh gangguan penyerapan makanan oleh tubuh dan kebiasaan buruk seperti konsumsi makanan yang tidak terjaga kebersihannya dan malas mencuci tangan sebelum makan.

Untuk mengatasi masalah diare perlunya melakukan gaya hidup sehat, seperti menjaga kebersihan tangan saat makan dan menjaga pola makan yang sehat. Selain itu, penting untuk mengetahui makanan pantangan diare agar Anda terhindari dari penyakti ini.

Makanan Pantangan Diare

1. Susu

Susu merupakan Makanan Pantangan Orang Diare, susu dapat menyebabkan seseorang mengalami diare kronis. Hal ini dikarenakan kandungan laktosa dalam susu merupakan salah satu penyebab diare.

2. Makanan Berlemak

Konsumsi daging merah dan makanan yang diproses dengan cara digoreng merupakan salah satu makanan penyebab diare. Hal ini dikarenakan lemak jenuh yang terkandung dalam makanan tidak dapat dicerna secara maksimal oleh organ liver dan menegangkan otot perut. Saat Diare lebih baik menghindari konsumsi makanan tinggi lemak untuk mengistirahatkan organ usus.

Baca Juga: Pantangan Makanan Liver

3. Alkohol dan Kafein

Minuman dan makanan yang mengandung kafein maupun alkohol dapat menyebabkan Diare. Saat Diare hendaknya Anda menghentikan kebiasaan minum kopi untuk sementara waktu untuk penyembuhan diare,

4. Minuman Ringan

Pemanis buatan seperti Sorbitol, Manitol dan Xylitol yang terkandung dalam permen dan minuman ringan dapat menyebabkan sensasi ingin buang air besar. Saat diare hendaknya menghentikan kebiasaan makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, sebaliknya perbanyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

5. Makanan Pedas

Makanan Pedas yang mengandung cabe dan merica merupakan pantangan bagi penderita Diare, makanan pedas dapat meningkatkan asam lambung dan gangguang fungsi usus.

6. Makanan yang Mengandung Gas

Makanan yang mengandung gas diantaranya adalah Kembang Kubis, Kol, Kol, Kacang-kacangan dan Brokoli. Konsumsi makanan diatas saat diare dapat meningkatkan konsentrasi gas di usus dan memperparah diare Anda.

7. Makanan yang Tercemar

Hindari makanan yang telah tercemar, diantaranya adalah makanan yang terlalu lama di lemari pendingin, daging ayam dan ikan yang dimakan mentah atau setengah matang. Konsumsi makanan mentah menyebabkan risiko tercemar bakteri E.Colli penyebab diare.

8. Obat Diare

Penting diketahui, saat Diare tubuh sedang mengeluarkan racun-racun melalui kotoran. Mengonsumsi obat diare yang menghentikan frekuensi buang air besar bisa menghambat proses detoksifikasi tubuh. Sebaiknya saat diare Anda beristirahat total dan konsumsi banyak air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jika diare berlangsung lebih dari tiga hari Anda bisa mulai minum obat Diare.

Anjuran untuk Penderita Diare

Minum Air Putih

70 persen tubuh kita adalah cairan, saat diare tubuh kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Oleh karenanya, perbanyak minum air putih dan makanan yang mengandung elektrolit seperti Air kelapa, jus buah dan sayur bening.

Konsumsi Makanan yang Mudah Dicerna

Makanan yang baik bagi Penderita diare adalah makanan mudah dicerna oleh tubuh seperti Kentang rebus, Yoghurt, Pisang, Roti, buah Apel, dan Sereal. Kandungan vitamin, mineral dan karbohidrat pada makanan tersebut dibutuhkan tubuh.

Cuci Tangan Sebelum Makan

Mencuci tangan dengan benar sebelum makan merupakan salah satu cara menghindari diare. Saat mencuci tangan pastikan juga menggosok sela-sela jari dan ujung kuku selama 20 detik. Cucilah tangan sebelum dan setelah makan, setelah buang air besar dan sehabis bermain dengan hewan peliharaan.

Demikian Daftar Makanan Pantangan Diare dan Tips menghindari diare, semoga menambah wawasan Anda dalam menjaga kebersihan dan kesehatan diri pribadi dan lingkungan Anda.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Vertigo Vertigo merupakan salah satu jenis sakit kepala yang dapat mengganggu aktivitas Anda. Selain karena rasa sakitnya yang menyengat, vertiga juga dap...
Makanan Pantangan TBC Tuberkulosis atau yang lebih dikenal dengan TBC merupakan penyakit yang menyerang organ paru-paru. Penyakit TBC memerlukan penanganan medis dengan...
Makanan Pantangan Setelah Operasi Caesar Masa setelah operasi caesar merupakan waktu yang berat bagi seorang ibu yang melelahkan secara fisik dan mental. Sebagaimana yang dianjurkan setel...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.