Makanan Pantangan Endometriosis

Makanan Pantangan Endometriosis

Endometriosis atau kista rahim adalah kondisi timbulnya jaringan selaput lendir diluar rongga rahim. Normalnya selaput lendir atau endometrium ini berada pada lapisan dinding rahim. Jaringan selaput ini dapat menebal dan larut setiap bulannya saat wanita mengalami haid.

Dalam kasus Endometriosis, jaringan selaput lendir yang berkembang diluar rahim tidak dapat larut. Melainkan terus menebal yang kemudian berkembang sebagai kista rahim. Mereka yang berusia pada rentang usia 20-45 tahun rentan mengalami Endometriosis. Namun, belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab endometriosis ini, tetapi beberapa ahli merumuskan beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya kista ini. Diantaranya adalah faktor genetis, gangguan pada rahim, tingkat hormon estrogen yang tinggi dan gaya hidup tidak sehat.

Mereka yang mengidap endometriosis harus memperhatikan pola makannya. Penyakit ini umumnya dapat disembuhkan dengan terapi dan penerapan gaya hidup sehat. Penerapan gaya hidup sehat diantaranya menjauhi makanan pantangan endometriosis. Ada beberapa laporan yang mengungkapkan bahwa penyakit kista rahim ini hilang dengan sendirinya setelah mengikuti pola makan sehat dan teratur. Berikut ini beberapa pantangan makanan endometriosis yang harus Anda Hindari:

Makanan Pantangan Endometriosis

1. Seafood

Makanan laut atau seafood meskipun memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, makanan laut seperti cumi, kepiting dan udang merupakan sumber kolesterol yang tinggi. Kadar kolesterol dalam darah dapat memicu tumbuhnya sel-sel tidak normal yang dapat menghambat proses penyembuhan kista rahim, selain itu dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

Baca Juga  Makanan Pantangan Kista Payudara

2. Fast Food

Fast food atau makanan cepat saji merupakan pantangan makanan endometriosis. Bila Anda didiagnosis endometriosis ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan menyantap makanan cepat saji. Hampir tidak ada kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam tiap porsi makanan ini. Selain itu, tingginya kandungan kolesterol, garam dan gula dapat memicu timbulnya penyakit seperti Jantung, Stroke, Diabetes, Obesitas dan Kista.

3. Minuman Berkarbonasi

Umumnya sebagai pelengkap dari makanan cepat saji. Namun, tahukah Anda? minuman berkarbonasi tidaklah baik untuk kesehatan khususnya bagi penderita kista endometriosis. Hal ini dikarenakan dalam minuman bersoda terdapat zat adiktif seperti, pemanis buatan, pewarna buatan, zat pengawet dan perasa buatan yang bersifat racun bagi tubuh dan tidak memiliki nilai gizi bagi tubuh.

4. Minuman Beralkohol

Alkohol merupakan pantangan penderita kista, alkohol dapat memicu pertumbuhan sel-sel abnormal yang menyebabkan kista untuk tumbuh kembali meskipun telah dilakukan operasi pengangkatan kista. Selain terdapat pada minuman keras, alkohol juga terkandung dalam beberapa makanan seperti : Tape Ketan, Durian, Nanas, Anggur, Duku, Lengkeng dan Nangka. Jadi hindari makanan dan buah-buahan diatas.

5. Makanan Kemasan

Mie Instan, Snack, Biskuit, Wafer, Daging Kalengan, Sup Kalengan, Sayur Kalengan, Buah Kalengan dan Sosis yang sering Anda dapatkan di supermarket merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita endometriosis. Makanan kemasan umumnya mengandung zat pengawet dan pewarna yang tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, tingginya kandungan garam dalam makan-makan tersebut dapat bersifat negatif bagi kesehatan.

Baca Juga  Makanan Pantangan Kista Payudara

Baca Juga: Makanan Pantangan Rematik

6. Makanan Pedas

Bagi mereka yang telah melakukan operasi laraskopi untuk mengangkat kista rahim, ada baiknya menghindari makanan pedas. Hal ini dikarenakan makanan pedas dapat memicu kista untuk kembali tumbuh dalam rahim.

7. Makanan Gorengan

Makanan yang diproses dengan cara digoreng mengandung lemak jenuh yang tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Lemak jenuh dapat menstimulasi pertumbuhan sel-sel kista atau bahkan kanker. Bagi penderita Endometriosis ada baiknya mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus.

8. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, daging kerbau, daging kambing dan daging babi tinggi akan kandungan kolesterol yang buruk bagi penderita Endometriosis. Kandungan kolesterol dalam daging merah dapat memicu pertumbuhan sel-sel abnormal dan penyakit kardiovaskular seperti jantung, tekanan darah tinggi dan stroke.

9. Sayur Kangkung, Tauge dan Sawi Putih

sayuran seperti kangkung, tauge dan sawi putih merupakan pantangan bagi kista endometriosis karena dapat mengurangi efektivitas pengobatan kista.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Batuk Saat batuk dapat menjadi masa-masa yang menyebalkan dan menganggu aktivitas Anda baik siang maupun malam hari. Batuk dapat disebabkan oleh penyaki...
Makanan Pantangan Amandel Amandel atau dalam dunia medis disebut tonsilitis merupakan kondisi dimana terjadinya pembesaran dari tonsil pada dinding belakang mulut. Kelenjar...
Makanan Pantangan Setelah Operasi Caesar Masa setelah operasi caesar merupakan waktu yang berat bagi seorang ibu yang melelahkan secara fisik dan mental. Sebagaimana yang dianjurkan setel...