Makanan Pantangan Fitness

Makanan Pantangan Fitness

Mengonsumsi makanan yang sehat setelah berolahraga merupakan hal yang penting karena berperan untuk mengembalikan energi, membentuk otot dan menjaga metabolisme.

Makanan yang tidak dapat sehat seperti makanan berlemak, tinggi gula dan sulit untuk dicerna tubuh dapat memberikan dampak negatif kepada tubuh Anda, karena otot dan jaringan tubuh Anda yang rusak setelah latihan perlu memulihkan diri setelah olahraga berat.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai makanan pantangan fitness menurut pendapat ahli Eat This, Not That!. Simak penjelasannya berikut ini.

Makanan Pantangan Fitness

1. Jus Kemasan

Jus kemasan umumnya mengandung gula tambahan yang berdampak negatif pada tubuh Anda setelah latihan berat. Saat berolah raga tubuh Anda membakar karbohidrat komplek dan lemak. Konsumsi makanan dan minuman tinggi gula dapat menyetop proses pembakaran lemak.

Sebaiknya setelah Anda buat sendiri jus Anda sendiri tanpa tambahan gula dan lebih banyak protein.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas sulit untuk dicerna oleh tubuh. Seperti yang dijelaskan di atas, setelah berolahraga tubuh Anda membutuhkan makanan sehat untuk memperbaiki sel-sel dan otot tubuh yang rusak. Setelah fitness disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat untuk menjaga metabolisme tubuh.

3. Minuman Bersoda

Jangan pernah mengonsumsi minuman bersoda setelah fitness, hal ini dikarenakan tubuh Anda membutuhkan cairan dan minuman bersoda justru membuat tubuh anda dehidrasi. Selain itu, minuman bersoda dapat membuat perut Anda kembung.

4. Daging Steak

Pantangn Fitness selanjutnya adalah daging steak. Hal ini dikarenakan protein yang terdapat pada daging steak dapat menghambat sistem pencernaan Anda. Hal ini tentu menghambat proses pembentukan otot Anda.

5. Makanan Berlemak

Makanan berlemak merupakan hal yang harus dihindari oleh mereka yang membentuk otot. Makanan berlemak memperlambat proses pencernaan dan menghambat penyerapan nutrisi ke otot.

Baca Juga:
Makanan Pantangan Kolesterol
Makanan Pantangan Trigliserida

6. Coklat

Hindari coklat jika Anda sedang membangun massa otot, hal ini dikarenakan kandungan gula yang cukup tinggi pada coklat dapat menghambat hal tersebut. Penting untuk diingat, saat berolahraga metabolisme tubuh Anda meningkat oleh karenanya manfaat hal tersebut dengan mengonsumsi makanan sehat.

7. Makanan Cepat Saji

Siapa yang tidak suka burger dan ayam goreng? namun jika Anda atlit sedang berusaha membentuk otot ada baiknya menghindari makanan cepat saji. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji tidak memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda hanya akan mengonsumsi lemak jahat dan latihan yang Anda lakukan sia-sia.

8. Karbohidrat Olahan

Sama seperti halnya makanan berlemak mengonsumsi karbohidrat olahan seperti Nasi putih, Roti dan Mie setelah berolahraga dapat berdampak negatif pada tubuh Anda. Hal ini dikarenakan kandungan lemak pada karbohidrat olahan sulit untuk dicerna oleh tubuh, selain itu, kandungan gula tinggi pada makanan jenis ini berdampak negatif pada program diet Anda.

9. Minuman Elektrolit

Meski produsen mengatakan bahwa minuman elektrolit dapat menggantikan cairan yang hilang setelah berolahraga, namun kenyataan minuman elektrolit justru membawa dampak negatif pada tubuh Anda. Hal ini dikarenakan kandungan gula pada minuman ini cukup tinggi.

10. Energy Bars

Energy Bars mungkin kaya akan akan protein sehingga tampaknya bermanfaat untuk memperbaiki otot Anda setelah fitness. Namun, pada kenyataannya energi bars yang dijual dipasaran mengandung gula yang tinggi dan tidak mengandung nutrisi seperti yang di iklankan.

Baca Juga: Makanan Pantangan Diabetes

11. Sayuran Mentah

Sayuran mentah merupakan makanan pantangan fitness yang harus Anda hindari. Hal ini dikarenakan setelah berolahraga Anda membutuhkan asupan kalori, karbohidrat dan protein untuk mengembalikan kondisi otot. Mengonsumsi sayuran mentah akan membuat Anda merasa kenyang sehingga tidak memenuhi kebutuhan nutrisi.

12. Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat seperti Kale dan Flax Seed merupakan hal yang sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan kram dan perut kembung.

13. Permen

Permen merupakan pantangan fitness selanjutnya karena kandungan gula dan rendah nilai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk recovery pasca latihan berat.

14. Kacang Hitam

Hindari konsumsi kacang hitam, kandungan serat pada kacang hitam justru menghambat proses pencernaan bagi atlit dan membuat produksi gas meningkat.

15. Minuman Kemasan

Jus, Teh dan Kopi kemasan merupakan pantangan bagi mereka yang sedang membentuk massa otot. Hal ini dikarenakan kandungan fruktosa–sejenis gula– menghambat proses pencernaan tubuh Anda. Dan juga gula memperlambat proses pembakaran lemak.

16. Telur Goreng

Kandungan minyak yang terdapat saat proses pengolahan membuat telur mengandung lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mendapatkan protein dari telur sebaiknya konsumsi telur rebus.

Demikian pembahasan mengenai Makanan Pantangan Fitness semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Cepat Hamil Study terakhir dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics yang dikutip dari Glamour.com mengungkapkan banyak wanita yang merencanakan...
Makanan Pantangan Anak Hiperaktif Selama bertahun-tahun, ahli kesehatan telah berspekulasi mengenai makanan tertentu yang dapat menyebabkan masalah pada anak hiperaktif atau ADHD....
Makanan Pantangan Sakit Gigi Sakit gigi bisa jadi sakit yang sangat menganggu aktivitas, sakit gigi menyebabkan seseorang menjadi kesulitan untuk makan dan minum, bahkan jika ...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.