Makanan Pantangan Ibu Menyusui

makanan pantangan ibu hamil

Memperhatikan Pantangan makanan ibu menyusui penting dilakukan. Pasalnya, asupan nutrisi yang dikonsumsi ibu juga turut mempengaruhi kualitas Air Susu Ibu (ASI). Sehingga, makanan ibu menyusui juga mempengaruhi bayi.

Setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk bayi mereka, salah satunya adalah dengan menjaga makanan yang menjadi pantangan ibu menyusui. Selain terdapat makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui. Terdapat pula makanan yang dilarang bagi ibu hamil, berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari Mom 365.

Makanan Pantangan Ibu Menyusui

1. Makanan Pedas

Jika Anda gemar makanan pedas, sebaiknya hentikan selama menyusui. Makanan pedas dapat mencemari ASI dan membuatnya pedas bagi bayi. Rasa pedas pada ASI dapat menyebabkan iritasi pada lambung bayi.

2. Makanan Asam

Makanan asam dapat berdampak buruk pada kesehatan ibu dan bayi. Makanan yang bersifat asam dapat menyebabkan maag pada ibu dan ASI yang terkontaminasi makanan asam juga berdampak buruk bagi pencernaan bayi karena dapat menyebabkan diare. Selain itu, bayi juga bisa terkena gangguan tidur.

Selama masa menyusui, ada baiknya ibu menghindari makanan asam seperti Buah jeruk, kendondong, dan nanas. Sebagai gantinya Anda tetap dapat mengonsumsi buah-buahan seperti pepaya, mangga, dan buah naga yang tidak mengandung asam untuk mendapatkan asupan Vitamin C.

3. Bawang Putih

Bawang putih diketahui merupakan salah satu penyebab bau tak sedap pada penikmatnya. Namun, tahukah Anda bila bawang putih juga dapat mempengaruhi rasa dan bau pada ASI Anda?

Sebaiknya Anda menghindari konsumsi bawang putih selama masa menyusui, hal ini dikarenakan bayi Anda belum dapat menerima bau dan rasa yang disebabkan oleh bawang putih.

4. Daun Parsley dan Peppermint

Parsley umumnya ditampilkan sebagai hiasan makanan dan peppermint dicampurkan pada teh sehingga menghasilkan rasa yang menyegarkan dan menenangkan. Namun, kedua herbal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya Air Susu Ibu.

Oleh karena itu, hindari konsumsi dedaunan diatas untuk produksi ASI yang Maksimal

5. Makanan Olahan Gandum

Makanan Olahan Gandum umumnya mengandung Gluten yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada bayi. Sehingga sebaiknya hindari makanan yang mengandung gluten seperti:

  • Nasi Putih
  • Roti Putih
  • Mie
  • Pasta

6. Makanan Laut

Ikan laut dan kerang bisa jadi pantangan makanan ibu menyusui. Menjadi berbahaya karena adanya kemungkinan ikan dan kerang laut yang dikonsumsi ibu hamil tersebut tercemar logam merkuri.

Kandungan merkuri yang didapat dari ASI dapat menyebabkan beragam efek buruk pada bayi, kontaminasi tinggi merkuri dapat membahayakan perkembangan otak bayi.

7. Kacang-Kacangan

Kacang merupakan salah satu makanan penyebab Alergi yang sebaiknya dihindari. Meski Anda tidak memiliki riwayat alergi terhadap kacang. Namun, tidak dengan bayi Anda yang belum diketahui reaksi tubuhnya terhadap kacang.

Kacang dapat menyerap di ASI dan bila Anda mengonsumsi Kacang kemudian melihat bayi Anda mengalmi Bersin, Ruam Kulit dan Batuk sebaiknya hentikan mengonsumsi kacang.

8. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol memiliki dampak yang hampir mirip dengan minuman soda, yakni menghambat penyerapan nutrisi pada ASI. Lebih jauh, ASI yang terkontaminasi alkohol dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kejang-kejang dan keracunan. Alkohol juga dapat merusak jaringan otak bayi dan mengganggu tumbuh kembang bayi.

9. Minuman Kafein

Ibu menyusui dianjurkan untuk menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan coklat. Kafein pada minuman dapat membuat ibu mengalami gangguan tidur. Selain itu, Kafein juga akan mengontaminasi ASI dan dapat menyebabkan bayi mengalami gangguan tidur.

Tidak hanya itu, efek kafein juga penyebab terjadinya iritasi lambung pada bayi karena tubuh bayi belum siap untuk mencerna kafein seperi orang dewasa.

10. Susu

Susu memang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Namun, kandungan nutrisi pada susu sapi dapat berdampak buruk pada bayi.

Hal ini karena pencernaan bayi yang belum sempurna kesulitan untuk mencerna makanan selain ASI sehingga dapat menimbulkan reaksi alergi. Bayi yang mengonsumsi ASI yang terkontaminasi susu sapi, dapat mengalami muntah, kolik dan gangguan pencernaan.

Baca Juga:
Makanan Pantangan Ibu Hamil
Makanan Pantangan Hamil Muda
Makanan Pantangan Alergi

11. Coklat

Seperti halnya kopi dan teh, coklat juga memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Dalam beberapa kasus ditemui ibu yang mengonsumsi coklat dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada bayi.

12. Buah-buahan Asam

Buah yang terkenal dengan rasa asam ini merupakan buah yang populer dan sangat mudah ditemui di Indonesia. Namun, bagi ibu menyusui harus menghindari konsumsi buah ini apapun kondisinya.

Buah-buahan seperti Jeruk Limau, Kiwi, Strawberry, Nanas, Jeruk dan Anggur pantangan ibu menyusui karena dapat merubah rasa pada ASI. Bayi yang tidak menyukai dengan rasa tajam ASI besar kemungkinan akan menjadi rewel dan muntah-muntah. Terkadang, bayi Anda akan mengalami ruam-ruam sebagai reaksi alergi. Buah-buahan tersebut juga mengandung senyawa asam yang dapat mengakibatkan infeksi saluran pencernaan pada bayi Anda.

13. Buah Berry, Cherry dan Prem

Berbeda dengan buah-buahan Asam, buah Cherry, Strawberry, Blackberry dan keluarga berry lainnya merupakan terlarang bagi ibu hamil. Karena buah cherry dapat menyebabkan perut kembung pada bayi. Hal ini tentu berbahaya bagi bayi karena sistem pencernaan mereka belum tumbuh sempurna.

Jika Ibu hamil merasakan gejala perut kembung, sebaiknya menjauhi konsumsi buah berry, buah asam dan Cherry.

Demikian pembahasan mengenai Makanan Pantangan Ibu Menyusui, semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam menyediakan nutrisi bagi Bayi Anda.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Congek Penyakit Congek atau dalam istilah medis disebut sebagai otitis media suppuratif merupakan kondisi dimana terjadinya infeksi pada telinga Anda. Pe...
Makanan Pantangan Stroke Stroke masih menjadi momok yang menakut setiap orang, karena stroke salah satu penyakit penyebab seseorang mengalami cacat fisik secara permanen. ...
Makanan Pantangan Ibu Hamil Seorang ibu hamil perlu memperhatikan asupan makanan karena makanan yang dikonsumsi tidaknya hanya harus memenuhi gizi sang ibu, namun juga kebutu...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.