Makanan Pantangan Ibu Pasca Melahirkan

Makanan Pantangan Ibu Pasca Melahirkan

Melahirkan merupakan proses yang menguras tenaga dan waktu bagi ibu. Namun, semua itu terbayar dengan kebahagiaan menyambut bayi yang lahir dengan sehat. Setelah melahirkan fokus seorang ibu adalah mengembalikan kondisi fisik agar segera fit untuk merawat bayi.

Selama masa kehamilan, ibu harus menghindari makanan pantangan ibu hamil karena ditakutkan akan mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Namun, setelah melahirkan adakah pantangan bagi ibu?.

Setelah melahirkan, ibu harus tetap memberikan nutrisi kepada bayi melalui ASI. Oleh karena itu, terdapat makanan pantangan bagi ibu menyusui yang dapat mencemari air susu ibu dan berdampak langsung bagi bayi.

Berikut ini kami akan membahas makanan pantangan ibu pasca melahirkan. Makanan berikut tidak hanya berdampak bagi ibu hamil tetapi juga bagi kesehatan bayi. Simak penjelasannya berikut sebagaimana dikutip dari Boldsky.com.

Makanan Pantangan Ibu Pasca Melahirkan

1. Makanan Pedas

Setelah melahirkan bayi membutuhkan ASI sebagai makanan utama mereka. Dan makanan yang Ibu konsumsi akan mempengaruhi kualitas ASI yang dikeluarkan, konsumsi makanan pedas akan membuat ASI terasa pedas bagi bayi.

2. Makanan Berlemak

Makanan dengan kandungan tinggi lemak merupakan makanan pantangan ibu pasca melahirkan. Hal ini dikarenakan pasca melahirkan Ibu pasti fokus untuk menurunkan berat badan dan konsumsi makanan tinggi lemak dapat menghambat program diet Ibu. Selain itu, makanan tinggi lemak akan menganggu sistem pencernaan Ibu.

Baca Juga  Makanan Pantangan Setelah Operasi Caesar

3. Makanan yang Digoreng

Makanan yang diolah dengan cara digoreng merupakan makanan yang harus dijauhi pasca melahirkan. Makanan yang digoreng dapat menaikan berat badan ibu. Seperti yang dijelaskan diatas, setelah melahirkan Ibu harus menurunkan berat badan dan konsumsi makanan yang digoreng akan menghambat hal tersebut.

4. Minuman Bersoda

Minuman bersoda akan meningkatkan produksi gas di perut ibu dan menyebabkan masalah pada sistem pencernaan Anda. Selain itu, minuman bersoda juga dapat mempengaruhi kualitas ASI dan menyebabkan bayi Anda mengalami gangguan pencernaan.

5. Kafein

Kafein merupakan larangan bagi ibu pasca melahirkan, hal ini dikarenakan kafein dapat membuat ibu mengalami susah tidur dan mencemari ASI yang membuat bayi mengalami gangguan tidur. Pastikan Anda menjauhi kafein setidaknya sampai bayi Anda bisa mengonsumsi makanan padat.

6. Susu

Mungkin terdengar aneh bagi Anda, mengapa susu yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan justru dilarang bagi ibu setelah melahirkan. Hal ini memang tidak dialami oleh setiap wanita. Namun, terdapat laporan yang menyebutkan bayi yang mengalami gangguan pencernaan terkait sang ibu mengonsumsi susu dan produk turunannya. Sebagai langkah pencegahan sebaiknya hindari konsumsi susu untuk sementara waktu.

7. Makanan Laut

Seperti halnya saat hamil, makanan laut juga masih dilarang bagi ibu setelah melahirkan. Hal ini disebabkan kandungan merkuri dalam makanan laut dapat mempengaruhi kualitas ASI Anda dan dapat mempengaruhi sistem saraf bayi. Sebaiknya hindari konsumsi makanan laut seperti:

  • Tiram
  • Ikan Kakap
  • Ikan Todak
  • Ikan Hiu
  • Ikan Trakulu
Baca Juga  Makanan Pantangan Setelah Operasi Caesar

8. Keju yang Tidak Di Pasteurisasi

Jika Anda rutin mengonsumsi keju, sebaiknya pilih produk keju yang telah melalui proses pasteurisasi. Hal ini untuk mencegah pencemaran pada ASI Anda. Sebagaimana dijelaskan diatas, produk susu merupakan salah satu makanan pantangan ibu pasca melahirkan.

Demikian pembahasan mengenai Makanan Pantangan Ibu Pasca Melahirkan, semoga menambah wawasan Anda sebagai Ibu baru.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Infeksi Paru-paru Infeksi paru-paru atau Infeksi Saluran Pernapasan bawah adalah kondisi dimanan terjadinya peradangan paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, jamur...
Makanan Pantangan Kanker Payudara Saat berusaha untuk sembuh dari penyakit kanker payudara, tentu saja pasien diharuskan menjauhi makanan pantangan kanker payudara. Menghindari makanan...
Makanan Pantangan Penderita HIV/AIDS Bagi penderita HIV/AIDS nutrisi yang berasal dari asupan makanan merupakan hal terpenting karena makanan merupakan sumber nutrisi yang dapat menja...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.