Makanan Pantangan Infeksi Saluran Kemih

Makanan Pantangan Infeksi Saluran Kemih

Mengutip National Kidney Foundation, Satu dari Lima wanita Amerika mengalami setidaknya satu kali Infeksi Saluran Kemih–20 persen diantaranya akan mengalami lebih dari satu kali.

Infeksi Saluran Kemih terjadi saat bakteri yang memasuki saluran kemih yang kemudian menyebabkan iritasi pada saluran kencing Anda, kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit saat buang kecil dan bahkan menimbulkan rasa nyeri pada perut bagian bawah.

Meski pengobatan dengan antibiotik dapat mengatasi penyakit ini, ada baiknya Anda mengetahui gejala-gejala infeksi saluran kemih untuk mencegah kondisi Anda semakin parah. Berikut ini gejala infeksi saluran kencih sebagaimana dijelaskan di Mayo Clinic :

  • Darah Pada Urin (urin Anda berwarna merah, pink atau seperti cola)
  • Kram Perut
  • Urin Berbau
  • Batu Ginjal
  • Demam
  • Sakit saat Berhubungan Sex
  • Nyeri Pinggul
  • Nyeri Saat Buang Air Kecil
  • Sering Buang Air Kecil
  • Urin Berwarna Gelap

Infeksi Saluran Kemih dapat menimbulkan rasa sakit, namun lebih jauh dari itu penyakit ini dapat menyebabkan masalah serius jika infeksi bakteri menyebar hingga ke organ ginjal. Oleh karena itu, mengetahui gejala-gejala diatas sangat penting untuk mengatasi penyakit ini dengan segera.

Dan bagi Anda yang sedang dalam pengobatan penyakit saluran kemih ini, terdapat beberapa jenis makanan dan minuman pantangan yang harus Anda hindari karena dapat mengurangi efektivitas pengobatan infeksi saluran kemih. Simak makanan yang harus dihindari sebagaimana dikutip dari Everyday Health.

Baca Juga  Makanan Pantangan Keputihan

Makanan Pantangan Infeksi Saluran Kemih

1. Kopi

Mengonsumsi kopi dapat menyebabkan gejala infeksi saluran kemih semakin parah. Kafein yang terdapat pada kopi dapat menyebabkan iritasi pada saluran kencing dan memperparah infeksi saluran kemih.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukukan pada penderita peradangan saluran kemih kronis menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kopi mengalami gejala yang lebih parah daripada mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

2. Alkohol

Beer, Wine dan Liquor dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Namun, tahukah Anda? alkohol juga dapat menyebabkan iritasi pada saluran kencing Anda terlebih bila Anda telah mengalami infeksi saluran kemih sebelumnya.

Alkohol menghambat penyerapan cairan oleh tubuh, sehingga dapat menyebabkn Anda dehidrasi. Kondisi ini harus dihindari oleh penderita penyakit ini.

3. Minuman Bersoda

Minuman bersoda merupakan salah satu penyebab peradangan saluran kemih kronis dan dapat memperparah gejala infeksi saluran kemih. Terlebih jenis soda asam dan soda kafein dapat memperparah infeksi saluran kemih. Untuk itu, sebaiknya hindari konsumsi minuman bersoda dan gantikan dengan air putih atau jus buah yang lebih sehat.

4. Buah-buahan Asam

Mengonsumsi buah-buahan merupakan hal yang baik untuk kesehatan. Namun, bila Anda memiliki keluhan infeksi saluran kemih ada baiknya hindari buah-buahan asam. Hal ini dikarenakan buah asam dapat memperparah infeksi dalam tubuh Anda. Selain itu, beberapa buah juga dapat menyebabkan iritasi pada saluran kencing Anda dan memperparah kondisi kesehatan penderita infeksi saluran kemih.

Baca Juga  Makanan Pantangan Keputihan

Berikut daftar buah yang harus dihindari:

  • Jeruk Nipis
  • Jeruk Lemon
  • Anggur
  • Tomat
  • Mangga
  • Apel
  • Persik
  • Plum
  • Strawberry
  • Nanas

5. Makanan Pedas

Jika Anda gemar mengonsumsi ayam geprek dan mie abang adek dengan pedas menyengat, ada baiknya hentikan dan batasi rasa pedas pada makanan Anda. Hal ini dikarenakan makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada saluran kemih dan bila dikonsumsi oleh penderita penyakit iritasi saluran kemih dapat menyebabkan gejala yang timbul semakin parah.

Oleh karenanya, hindari makanan pedas mulai saat ini juga.

Baca Juga:
Makanan Pantangan Infeksi Usus
Makanan Pantangan Demam Berdarah
Makanan Pantangan Batu Ginjal
Makanan Pantangan Infeksi Paru-paru

6. Pemanis Buatan

Makanan Pantangan Infeksi Saluran Kemih selanjutnya adalah pemanis buatan. Memang banyak yang mengatakan bahwa pemanis buatan lebih sehat ketimbang gula tebu dalam mengontrol kadar gula darah.

Namun, bila Anda penderita infeksi saluran kemih mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan dapat menyebabkan infeksi semakin parah. Mereka yang memiliki keluhan infeksi saluran kencing kronis sangat disarankan untuk menjauhi pemanis buatan dalam menu harian mereka.

Demikian pembahasan mengenai makanan dan minuman pantangan infeksi saluran kemih. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mengatasi penyakit ini.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Penyakit Crohns Penyakit Crohn sebagaimana dikutip dari Alodokter merupakan radang usus kronis yang menyebabkan peradangan pada lapisan saluran pencernaan mulai d...
Makanan Pantangan Diet Saat Anda sedang dalam program diet demi mendapatkan berat badan yang ideal, penting untuk disiplin dalam menghindari makanan pantangan diet. Kedi...
Makanan Pantangan Jantung Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan juga risiko penyakit berat lainnya seperti Teka...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.