Makanan Pantangan Liver

Makanan Pantangan Liver

Fungsi liver bagi manusia memiliki peranan penting . Organ ini menyaring nutrisi yang masuk ke tubuh dan menetralisir racun yang masuk melalui makanan, sebelum akhirnya disebar keseluruh tubuh atau dicerna. Umumnya, penyakit liver disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, gemar mengonsumsi makanan cepat saji, berlemak, gula, dan makanan kalengan merupakan pantangan bagi penyakit liver.

Pola makan yang sering mengonsumsi makanan berlemak dapat menyebabkan lemak yang mengendap dan akhirnya menjadi kristal empedu yang dapat menyebabkan radang.

Dalam artikel ini, kami akan berfokus membahas makanan pantangan bagi penderita liver. Makanan dibawah ini umumnya didominasi oleh makanan yang diproses dengan cara digoreng dan tinggi lemak. Untuk lebih jelasnya simak daftar berikut ini:

Pantangan Makanan untuk Penyakit Liver

  1. Daging Merah

    Daging merah seperti daging sapi dan daging kambing tinggi akan kandungan lemak jenuh yang dapat menurunkan fungsi hati. Kandungan lemak dan protein yang terdapat pada daging merah sulit untuk dipecah oleh hati untuk kemudian dicerna oleh tubuh. Protein yang mengendap tersebut dapat berubah menjadi racun yang dapat menurunkan fungsi otak.

  2. Makanan yang Digoreng
    Anda yang terbiasa konsumsi makanan yang digoreng seperti Ikan Goreng atau Ayam Goreng, ada baiknya untuk mulai mengurangi agar tidak terkena penyakit liver. Kandungan kolesterol yang terlampau tinggi merupakan pertimbangan utamanya, lemak terus membuat hati bekerja lebih keras untuk mencernanya.

    Dalam berbagai penelitian mengungkapkan proses penggorengan dapat mengontaminasi bahan makanan dengan zat karsinogenik yang terjadi selama proses pengolahan makanan. Untuk penderita liver, makanan yang disarankan makanan yang direbus atau dikukus.

    Baca Juga: Makanan Pantangan Kolesterol

  3. Makanan yang Dipanggang

    Mengolah makanan dengan cara dipanggang dapat menyebabkan makanan mengandung zat karsinogenik yang berasal dari arang pembakaran.Partikel Arang yang masuk lewat makanan tentu tidak bisa dicerna oleh tubuh dan akan menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti Kanker.

  4. Seafood

    Rutin mengonsumsi Tiram dan makanan laut pada umumnya dapat menyebabkan terkena penyakit Hepatitis A. Hal ini dikarenakan oleh kemungkinan tiram berasal dari air yang tercemar dengan virus hepatitis dan beberapa virus lainnya. Hepatitis merupakan penyakit yang menjangkiti organ hati dan dapat menyebabkan komplikasi penyakit serius lainnya dalam jangka panjang.

  5. Makanan Cepat Saji

    Makanan cepat saji sebaiknya dihindari, kandungan lemak jenuh dalam makanan cepat saji merupakan sumber berbagai macam penyakit seperti Kolesterol, Tekanan darah Tinggi, Stroke dan Liver. Selain makanan jenis ini rendah nutrisi, lemak yang terkandung didalamnya akan sulit untuk dicerna oleh hati dan menyebabkan penyakit liver.

  6. Minuman Berkarbonasi

    Pantangan makanan untuk penyakit liver lainnya adalah minuman bersoda atau berkarbonasi. Minuman yang biasanya disandingkan dengan makanan cepat saji ini mengandung fruktosa tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan organ hati. Selain itu, minuman bersoda juga meningkatkan risiko diabetes dan obesitas bagi manusia.

  7. Makanan Asin

    Mengonsumsi makanan yang tinggi garam dapat mengganggu fungsi hati. Kandungan garam tinggi dapat mengikat nutrisi yang masuk bersama makanan sehingga tidak dapat dicerna oleh tubuh secara maksimal. Sehingga makanan yang masuk sama sekali tidak memberikan manfaat gizi bagi tubuh.

    Makan dengan kandungan garam tinggi diantaranya, Makanan Kalengan, Makanan Cepat Saji, Ikan Asin, Makanan Kemasan, dan Acar.

  8. Makanan Kalengan

    Makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan daging yang dikemas dalam kaleng sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit liver. Makanan kalengan mengandung banyak garam sebagai pengawet, pewarna buatan dan juga pemanis buatan. Dalam berbagai penelitian, makan kalengan menambah lemak yang mengendap ditubuh. sehingga menimbulkan kerusakan hati dan menyebabkan obesitas.

  9. Makanan Pedas dan Asam

    Makanan yang mengandung asam dan pedas dapat menstimulasi peningkatan asam lambung sehingga menyebabkan nyeri pada organ hati

    Baca juga : Makanan Pantangan Asam Lambung

  10. Daging Olahan

    Daging yang melewati proses pengolahan seperti Sosis dan Nugget dapat meningkatkan risiko penyakit Kanker Usus Besar, Kanker Hati, Diabetes dan juga gangguan fungsi hati.

  11. Protein

    Bagi Anda yang gemar dengan olah tubuh di gym pasti tidak asing dengan istilah Protein Shake. Tahukah Anda? mengonsumsi protein shake dua kali dalam sehari secara terus-menerus akan meningkatkan risiko kerusakan hati dan ginjal. Pasalnya, protein nabati lebih sulit dicerna oleh tubuh dibanding dengan protein hewani.

  12. Roti Putih

    Roti putih merupakan makanan pantangan bagi penderita penyakit liver. Bahan utama roti yang terbuat dari gandum dan mengandung protein gluten berdampak buruk pada penyakit liver, terlebih bagi mereka yang memiliki sensivitas pada gluten. Selain itu, roti putih dengan bahan dasar gandum yang minim nutrisi dapat meningkatkan gula darah dengan cepat.

  13. Kuning Telur

    Kuning telur mengandung kadar kolesterol yang tinggi, seperti yang dijelaskan diatas, kandungan lemak yang mengendap ditubuh akan mengganggu fungsi organ hati.

  14. Es Krim

    Es krim mengandung gula serta kalori dalam jumlah tinggi. Kandungan gula dalam es krim dapat meningkatkan pengendapan lemak dalam hati dan dampaknya berbahaya bagi hati.

Itulah kelompok pantangan makanan untuk penyakit liver yang harus dihindari. Selain menjaga pola makan yang sehat, anjuran bagi penderita liver lainnya adalah menjaga pola hidup sehat dengan berhenti merokok, konsumsi lebih banyak air putih dan hindari stress.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Fatty Liver Fatty Liver merupakan kondisi dimana kandungan lemak pada organ liver melebihi 5 persen dari total berat organ tersebut. Fatty Liver dibedakan men...
Makanan Pantangan Cepat Hamil Study terakhir dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics yang dikutip dari Glamour.com mengungkapkan banyak wanita yang merencanakan...
Makanan Pantangan Hernia Hiatus Hernia adalah kondisi dimana organ dalam tubuh Anda menekan jaringan otot yang lemah. Otot tubuh bagian dalam umumnya kuat untuk menahan organ-org...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.