Makanan Pantangan Maag

makanan pantangan maag

Maag atau Dispepsia adalah penyakit yang menyerang organ pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri Heliobacter yang menyerang dinding lambing. Sebenarnya, zat asam lambung dapat membunuh bakteri ini. Namun, bakteri dalam jumlah banyak maka asam lambung tidak bisa menanganinya yang menyebabkan luka pada dinding lambung.

Penyakit maag menyerang siapa saja yang memiliki pola hidup tidak sehat seperti, makan tidak teratur, gemar makan pedas dan asam, gemar konsumsi kafein dan stress.

Bagi Anda yang menderita penyakit lambung ini, maka wajib menghindari makanan pantangan maag karena dapat meningkatkan asam lambung. Anda harus lebih banyak mengonsumsi makanan bersifat basa yang dapat menetralisir asam lambung, seperti Rebusan Kunyit dan Pisang Kepok.

Berikut ini merupakan makanan pantangan dispepsia yang harus Anda hindari agar penyakit lambung ini tidak kambuh.

Pantangan Makanan Penderita Maag

  1. Makanan Pedas

    Makanan dengan rasa pedas merupakan makanan pantangan bagi penderita maag, hal ini dikarenakan rasa pedas dapat menyebabkan iritasi pada lambung serta menimbulkan sensasi panas pada lambung. Selain itu, makanan pedas dapat menyebabkan kenaikan asam lambung.

  2. Makanan Asam

    Makanan yang mengandung rasa asam dapat menyebabkan refluks atau naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Rasa Asam dari buah belimbing wuluh, jeruk nipis dan cuka dapat menyebabkan iritasi lambung.

    Baca Juga : Makanan Pantangan Asam Lambung

  3. Minuman Bersoda

    Minuman yang mengandung soda harus dihindari oleh penderita maag, karena minuman bersoda menyebabkan gangguan asam lambung yang buruk bagi lambung Anda. Terlebih bagi mereka yang sedang melakukan terapi pengobatan Sinusitis, soda pada minuman menyebabkan khasiat obat menjadi tidak berguna.

  4. Alkohol

    Rutin mengonsumsi alkohol adalah hal buruk bagi lambung Anda. Alkohol dapat menyebabkan kerusakaan organ pencernaan Anda. Sebaiknya mulai saat ini hentikan kebiasaan konsumsi minuman beralkohol dan kurangi makanan seperti buah durian, tape ketan, tape singkong, Duku, Rambutan, Lengkeng dan Nangka karena zat pada makanan tersebut dapat terfermentasi menjadi alkohol.

    Konsumsi alkohol dapat menyebabkan gangguan sistem pernafasan dan mengakibatkan Asam.

  5. Kafein

    Kafein dapat memperparah kondisi maag dan memicu perih di ulu hati. Bila Anda gemar menyeruput kopi di pagi sebelum kerja ada baiknya makan sebelum minum kopi.

  6. Makanan Berminyak dan Berlemak

    Makanan yang mengandung minyak dapat meningkatkan zat asam lambung karena makanan berminyak umumnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Pun demikian dengan makanan berlemak, makanan dengan lemak tinggi dapat menyebabkan kolesterol bagi penderita maag, meningkatkan risiko obesitas dan potensi penyakit serius lainnya, seperti Jantung, Tekanan Darah Tinggi dan Stroke.

  7. Makanan yang Mengandung Gas

    Sayuran seperti Kembang Kol, Sawi Putih, Nangka, dan Pisang ambon merupakan pantangan penyakit maag karena mengandung gas yang dapat mengganggu fungsi lambung.

  8. Sayuran Mentah

    Bagi Anda yang gemar mengonsumsi sayur lalapan mentah baiknya hentikan dari sekarang. Sayuran mentah sulit untuk dicerna oleh tubuh dan tidak baik bagi kesehatan lambung. Konsumsi sayuran mentah dalam jangka panjang dapat menyebabkan iritasi lambung.

    Baca Juga: Makanan Pantangan Diare

  9. Makanan Kemasan

    Makanan kemasan seperti Mie Instan, Roti Putih dan Pasta merupakan makanan yang dilarang bagi penderita maag, makanan kemasan mengandung beragam jenis zat seperti zat pewarna, zat perasa buatan dan pemanis buatan yang dapat mengiritasi selaput lambung.

Selain menghindari makanan yang dapat menyebabkan maag kambuh, perlu juga diikuti dengan gaya hidup sehat agar terhindari dari maag kronis dan berbagai macam penyakit lainnya , dengan cara:

Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok merupakan salah satu penyebab gangguan saluran pencernaan sehingga bagi Anda yang menderita maag, hentikan kebiasaan merokok.

Hindari Stress

Penting bagi penderita maag untuk menghindari stress, hindari beban kerja berlebih dan luangkan waktu untuk berlibur untuk menurunkan beban pikiran Anda.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Diabetes Diabetes adalah kondisi dimana kadar gula darah karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin atau ketika sel tubuh menjadi kurang sensitif pada insu...
Makanan Pantangan Ibu Pasca Melahirkan Melahirkan merupakan proses yang menguras tenaga dan waktu bagi ibu. Namun, semua itu terbayar dengan kebahagiaan menyambut bayi yang lahir dengan...
Makanan Pantangan Ulcerative Colitis Ulcerative Colitis atau Radang Usus Besar adalah pernyakit kronis yang dapat menyebabkan peradangan di dinding saluran pencernaan Anda. Seseorang ...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.