Makanan Pantangan Radang Empedu

Makanan Pantangan Radang Empedu

Radang Empedu atau dalam istilah medis disebut dengan Kolesistisis merupakan kondisi dimana adanya hambatan keluarnya empedu dan peradangan pada kantung empedu. Radang empedu dapat disebabkan oleh batu empedu, tumor, dan atau penutupan saluran saluran empedu karena jaringan parut. Untuk mengetahui secara pasti perlu dilakukan pemeriksaan dengan CT SCAN.

Gejala utama radang empedu adalah timbulnya nyeri pada perut bagian kanan yang menjalar ke punggung. Selain itu, gejala lain adanya peradangan empedu adalah:

  • Rasa sakit saat menarik nafas
  • Rasa Nyeri pada perut bagian kanan saat disentuh
  • Mual dan Muntah
  • Demam
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sering berkeringat
  • Sakit kuning

Pengobatan radang empedu adalah dengan pemberian obat-obatan, menjaga berat badan dan melakukan operasi pengangkatan batu empedu. Selain tindakan medis diatas, terdapat makanan pantangan radang empedu yang harus dijauhi oleh penderita penyakit Kolesistisis ini. Berikut makanan pantangan kolesistisis sebagaimana dikutip dari Alodokter.com :

Makanan Pantangan Radang Empedu

1. Makanan yang Digoreng

Sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng, hal ini dikarenakan kandungan lemak jenuh pada makanan gorengan akan meningkatkan risiko penyakit seperti kolesterol, darah tinggi dan stroke. Selain itu, makanan dengan kandungan lemak jenuh juga buruk bagi kantung empedu Anda.

Makanan berlemak membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan bila terlalu banyak menumpuk akan menyebabkan batu empedu yang juga dapat menyebabkan radang empedu. Selain makanan yang digoreng makanan dengan kandungan lemak tinggi lainnya adalah:

  • Makanan Bersantan
  • Udang
  • Cumi-cumi
  • Kulit
  • Kacang-kacangan
Baca Juga  Makanan Pantangan Batu Empedu

2. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, daging kambing, daging domba, dan daging babi merupakan pantangan makanan kolesistisis yang harus dijauhi. Hal ini dikarenakan lemak yang terdapat pada daging merah akan menyebabkan iritasi pada empedu dan memperparah radang empedu Anda.

Hal ini disebabkan oleh residu asam yang dihasilkan oleh daging merah yang tidak dapat dicerna sehingga menumpuk pada kantung empedu dan menyebabkan batu empedu.

3. Kuning Telur

Jika Anda rutin mengonsumsi telur atau produk makanan yang mengandung kuning telur sebaiknya kurangi mulai saat ini, hal ini dikarenakan kadar kolesterol pada kuning telur yang sangat tinggi. Selain itu, kuning telur juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada telur dan rasa sakit pada perut bagian kanan.

4. Susu Tinggi Lemak

Susu merupakan makanan yang baik bagi kesehatan tulang.Namun, bila Anda mengalami masalah pada empedu sebaiknya untuk selektif dalam memilih susu dan produk turunannya, sebaiknya pilih susu rendah lemak. Konsumsi susu tinggi lemak akan menyebabkan komplikasi pada radang empedu. Selain itu, perhatikan pula produk turunan susu seperti Ice Cream, Yogurt dan Keju.

5. Makanan Olahan

Makanan pantangan radang empedu selanjutnya adalah makanan olahan seperti Sosis, Beef Burger, Kornet, Ham, Nugget, Daging Asap dan daging kalengan berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan menyebabkan peradangan pada empedu selain itu, konsumsi makanan olahan dapat memicu gejala radang empedu.

Baca Juga  Makanan Pantangan Batu Empedu

Demikian pembahasan makanan pantangan radang empedu atau kolesistisis yang dapat Anda terapkan dalam menu harian Anda.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Hepatitis Hepatitis adalah penyakit yang menyerang organ hati. Penyebab hepatisis disebabkan oleh infeksi virus dan penyakit dikelompokkan menjadi lima, yak...
Makanan Pantangan Ibu Pasca Melahirkan Melahirkan merupakan proses yang menguras tenaga dan waktu bagi ibu. Namun, semua itu terbayar dengan kebahagiaan menyambut bayi yang lahir dengan...
Makanan Pantangan Batu Ginjal Batu ginjal adalah penyakit gangguan pencernaan yang ditunjukan dengan adanya kandungan batu kristal yang keluar saat buang air kecil. Batu krista...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.