Makanan Pantangan Rematik

Rematik adalah kondisi dimana terdapat kelainan pada tulang yang disebabkan oleh faktor usia dan bisa juga disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. Gejala rematik ditandai dengan bengkak pada persendian karena penumpukan cairan pada area sendi. Selanjutnya, sendi juga akan terasa kaku pada pagi hari, sendi akan terasa panas menyengat dan kemerahan jika sudah parah yang disebabkan oleh radang sendi.

Rematik masuk dalam penyakit arthritis yang disebabkan oleh tingginya kandungan asam urat dalam darah Anda, yang kemudian membentuk kristal yang tajam dan menyebabkan peradangan sendi.

Untuk menurunkan risiko penyakit rematik pada dasarnya adalah dengan gaya hidup sehat, dengan cara menghindari makanan dengan kadar purin tinggi yang terdapat pada jeroan, daging merah dan seafood dan rutin berolahraga. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat daftar makanan berikut.

Makanan Pantanan Rematik

Makanan Penyebab Rematik Kambuh

1. Daging Merah

Rematik menyebabkan rasa nyeri disertai pembengkakan pada sendi, terutama pada ibu jari kaki. Nyeri sendi ini disebabkan oleh penumpukan asam urat yang menjadi kristal tajam.

Asam Urat diproduksi oleh tubuh setelah memecah bahan zat purin yang didapat pada daging merah. Terlalu sering mengonsumsi daging merah seperti daging sapi, daging kerbau, daging kambing dan atau daging babi dapat meningkatkan asam urat dalam darah. Jika ginjal tidak dapat mencerna asam urat maka akan terjadi penumpukan asam urat pada persendian yang dapat menyebabkan peradangan sendi yang menyakitkan.

2. Jeroan

Jeroan merupakan makanan pantangan rematik, kandungan lemak jenuh dalam jeroan akan memperparah penyakit rematik. Selain itu, jeroan hampir tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Jadi hindari konsumsi jeroan mulai saat ini.

3. Tomat

Meski kaya akan vitamin A, tomat merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita rematik. Hal ini dikarenakan tomat yang mengandung zat purin yang tinggi. Seperti disebutkan sebelumnya zat purin merupakan zat penyebab asam urat tinggi dalam darah.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan pantangan penderita rematik, seperti halnya daging merah dan tomat. dalam kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang merah, kacang polong, kacang kedelai dan kacang panjang serta produk turunannya seperti tempe, tahu dan susu kedelai tinggi akan kandungan zat purin.

5. Kafein

Bagi Anda yang rutin mengonsumsi kopi atau teh tiga kali sehari, ada baiknya untuk menguranginya mulai saat ini. Terutama bila Anda didiagnosa menderita Rematik. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dan teh dapat menghambat penyerapan nutrisi oleh tubuh, sehingga tubuh kekurangan nutrisi penting dan menurunkan sistem imun tubuh.

6. Alkohol

Tidak hanya bagi penderita rematik, alkohol secara umum dilarang dikonsumsi dengan alasan kesehatan. Konsumsi alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, kolesterol dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Alkohol juga memproduksi zzat nitrosamin yang buruk bagi paru-paru.

Selain dari minuman keras, alkohol juga terkandung dalam durian, anggur, ragi dan tape. jadi sebisa mungkin perhatikan makanan Anda mulai saat ini.

7. Susu

Meskipun kaya akan kandungan vitamin dan Kalsium yang baik bagi kesehatan tulang. Namun, nyatanya susu merupakan pantangan penyakit rematik. Hal ini dikarenakan kandungan purin dalam susu yang dapat menyebabkan rematik kambuh.

Baca Juga: Makanan Pantangan Batu Empedu

8. Minyak Sayur

Bagi Anda yang menggunakan minyak sayur seperti minyak kedelai dan minyak bunga matahari. Sebaiknya dihindari mulai saat ini, karena kandungan asam lemak omega 6 dalam minyak sayur dapat membuat parah kondisi penyakit rematik Anda.

9. Seafood

Sering mengonsumsi makanan laut seperti ikan tuna, ikan makerel, tiram dan lain-lain meskipun tinggi nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, jenis makanan laut dapat meningkatkan risiko keracunan jika tidak diolah dengan baik. Hal ini dikarenakan besarnya kemungkinan makanan laut tercemar logam merkuri yang didapat dari lautan.

Baca Juga: Makanan Pantangan Ibu Hamil

Jika konsumsi, merkuri dapat menyebabkan gangguan kerja otak dan fungsi saraf yang menyebabkan mati rasa serta menimbulkan ancaman kesehatan serius lainnya.

Selain dengan menghindari makanan penyebab rematik kambuh, rematik juga dapat diatasi dengan rutin berolahraga, menjaga berat badan tetap ideal, berhenti merokok, jangan mengangkat beban berat, dan minum air putih untuk mengurangi pembentukan kristal asam urat pada persendian.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Hyperthyroid Hyperthyroid adalah kondisi dimana kelenjar thyroid memproduksi terlalu banyak hormon yang dapat mempercepat metabolisme yang dapat mempengaruhi k...
Makanan Pantangan Autoimun Penyakit autoimun adalah kondisi dimana sistem tubuh Anda menjadi over-reaktif dan merespon berlebihan terhadap jaringan otot dan nutrisi yang ma...
Makanan Pantangan Cepat Hamil Study terakhir dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics yang dikutip dari Glamour.com mengungkapkan banyak wanita yang merencanakan...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.