Makanan Pantangan Stroke

makanan pantangan stroke

Stroke masih menjadi momok yang menakut setiap orang, karena stroke salah satu penyakit penyebab seseorang mengalami cacat fisik secara permanen. Stroke merupakan gangguan pembuluh darah di otak yang mengalami penyempitan.

Penyebab stroke dikelompokkan menjadi dua yakni faktor medis dan faktor perilaku. Faktor medis, adalah stroke yang disebabkan oleh komplikasi penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, gangguan jantung dan faktor genetis yang diturunkan dari orang tua.

Sedangkan faktor perilaku adalah ketika menerapkan gaya hidup disertai pola makan yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi fast food, minuman beralkohol, minuman berkarbonasi dan kebiasaan merokok.

Mengenai pola makan sehat terdapat makanan pantangan bagi penderita stroke yang harus Anda hindari agar terhindari dari risiko penyakit stroke.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Stroke

1. Daging Merah

Daging merah memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi dan dapat menyebabkan plak pada pembuluh darah. Penumpukan plak pada pembuluh darah ini dapat menyebabkan penyempitan dan meningkatkan risiko penyakit stroke dan jantung.

Dalam riset yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health mengungkapkan mengonsumsi daging merah seperti Daging Sapi, Daging Kambing dan Daging kerbau dua porsi dalam sehari dapat meningkatkan risiko penyakit stroke hingga 28 persen.

Sebaiknya ganti asupan daging merah Anda dengan daging putih seperti Ikan dan Ayam.

2. Makanan Tinggi Kolesterol

Makanan dengan kandungan lemak trans yang tinggi sebaiknya dihindari karena dapat membawa masalah kesehatan yang serius. Lemak trans dapat menyebabkan peradangan dan masalah kesehatan kronis seperti penyakit jantung dan stroke.

Dalam penelitian yang dilakukan pada 2010 lalu, menunjukan bahwa mereka yang berusia 50 taun keatas dan rutin mengonsumsi makanan berlemak memiliki risiko 30 persen lebih tinggi terkena stroke.

Sebaiknya hindari makanan dengan kandungan lemak tinggi seperti:

  • Makanan yang Digoreng
  • Makanan Bersantan
  • Makanan Cepat Saji
  • Cake
  • Biskuit

3. Makanan Manis

Makanan dengan kandungan gula dapat meningkatkan kadar gula darah yang dalam jangka panjang, gula darah dapat merusak pembuluh darah, menyebabkan diabetes, penurunan fungsi mata, kerusakan saraf dan meningkatkan risiko penyakit ginjal, jantung dan stroke.

Makanan manis juga dapat menyebabkan kegemukan yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah dan memicu stroke.

4. Makanan Asin

Makanan dengan kandungan garam tinggi juga merupakan pantangan diabetes, terlalu banyak konsumsi makanan asin dapat menyebabkan hipertensi. Dalam beberapa kasus hipertensi dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah di otak yang berujung pada stroke. Rutin mengonsumsi makanan tinggi kandungan garam dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah keseluruh tubuh.

Mulai saat ini hindari makanan asin karena selain kandungan garamnya, umumnya makanan diatas mengandung zat berbahaya bagi tubuh seperti zat pengawet dan perasa buatan.

5. Minuman Bersoda

Dalam study yang dilakukan oleh American Stroke Association’s mengungkap mereka yang rutin mengonsumsi minuman bersoda memiliki risiko 48 persen lebih tinggi terkena serangan stroke.

Hal ini disebabkan oleh pemanis buatan seperti aspartame dan sukrosa yang berbahaya bagi kesehatan. Konsumsi pemanis buatan aspartame dapat menyebabkan reaksi adiktif dan memicu masalah kardiovaskular lainnya.

6. Alkohol

Alkohol merupakan salah satu makanan pantangan stroke, konsumsi alkohol dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Konsumsi alkohol dalam jangka panjang dapat menyebabkan risiko penyakit kardiovaskular seperti Penyakit Jantung, Stroke, Tekanan Darah Tinggi dan penyakit ginjal.

Selain pada minuman keras, alkohol juga terkandung pada makanan fermentasi seperti tape ketan dan tape singkong.

7. Kafein

Bagi penderita Stroke ada baiknya untuk membatasi konsumsi kafein seperti Kopi, Teh dan Beberapa produk Coklat. Hal ini dikarenakan kafein dapat meningkatkan risiko serangan stroke. Selain itu, penderita maag juga harus menghindari kafein agar tidak menyebabkan asam lambung naik, sehingga memperburuk penyakit asam lambung.

Baca Juga : Makanan Pantangan Maag

8. Makanan Digoreng

Makanan yang diproses dengan cara digoreng memiliki kandungan kalori yang tinggi dan memicu kadar lemak dalam darah yang berbahaya bagi kesehatan. Tingginya kadar lemak jahat dalam darah dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan menimbulkan penyakit kardiovaskular seperti Jantung, Stroke dan Tekanan darah Tinggi.

9. Buah Pantangan Stroke

Bagi penderita stroke, terdapat buah pantangan stroke yang harus dihindari. Hal ini dikarenakan buah-buahan tersebut memiliki kandungan alkohol dan lemak yang berbahaya bagi stroke. Bagi penderita stroke ada baiknya menghindari buah yang mengandung alkohol, seperti:

  • Durian
  • Nanas
  • Nangka
  • Duku
  • Lengkeng
  • Rambutan

10. Daging Olahan

Daging olahan memiliki kandungan Sodium Nitrate dan Nitrite yang dapat merusak pembuluh darah Anda dan meningkatkan risiko serangan stroke. Lebih jauh, Sodium Nitrate akan diubah menjadi nitrsamine yang diketahui menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

Daging olahan membawa masalah kesehatan serius seperti Meningkatkan risiko diabetes hingga 50 persen, menurunkan fungsi paru-paru, dan masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Sebaiknya hindari mengonsumsi daging olahan seperti:

  • Daging Kalengan
  • Daging Ham
  • Daging Sosis
  • Daging Bacon
  • Ikan Kalengan
  • Hot Dogs

Alkohol dapat meningkatkan risiko hipertensi, suhu darah meningkat dan membuat jantung memompa darah lebih keras yang dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan berakhir dengan serangan stroke.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Darah Tinggi  Tekanan darah tinggi atau Hypertensi adalah kondisi dimana terjadinya peningkatan tekanan pada pembuluh darah, hal ini mengakibatkan jan...
Makanan Pantangan Nefrotik Sindrom Sindrom Nefrotik merupakan penyakit yang disebabkan oleh rusaknya ginjal, sehingga protein akan dikeluarkan melalui urin. Mereka yang menderita pe...
Makanan Pantangan Kanker Payudara Saat berusaha untuk sembuh dari penyakit kanker payudara, tentu saja pasien diharuskan menjauhi makanan pantangan kanker payudara. Menghindari makanan...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.