Makanan Pantangan TBC

makanan pantangan TBC

Tuberkulosis atau yang lebih dikenal dengan TBC merupakan penyakit yang menyerang organ paru-paru. Penyakit TBC memerlukan penanganan medis dengan memberikan Obat Anti Tuberkulosis (OAT) minimal selama enam bulan. Selain itu, disarankan untuk tidak berganti-ganti dokter karena TBC adalah penyakit yang perlu catatan khusus untuk pemantauan oleh dokter.

Selain perawatan medis untuk TBC, penting pula bagi penderita untuk memperhatikan kualitas makanan. Pola makan sehat dengan memperhatikan asupan gizi dalam makanan dapat meningkatkan kualitas hidup dan mempercepat penyembuhan TBC. Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Pantangan Makanan TBC yang berguna bagi Anda.

Makanan Pantangan Penderita TBC

  1. Gorengan

    Makanan berminyak merupakan pantangan makanan TBC nomor satu yang harus Anda hindari karena dapat menyebabkan Batuk. Makanan seperti Ayam Goreng, Ikan Goreng, Kentang Goreng, Roti Goreng dan Snack Gorengan merupakan daftar teratas yang harus Anda buang dari daftar makanan harian.

    Kandungan lemak jenuh dalam makanan yang digoreng dapat memperparah peradangan dan memperburuk gejala TBC serta membawa risiko penyakit lain seperti Tekanan Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jantung.

    Baca Juga: Makanan Pantangan Asam Urat

  2. Makanan Kalengan

    Makanan dan minuman kalengan mengandung zat kimia yang bertujuan untuk mengawetkan bahan makanan didalamnya. Zat pengawet membawa dampak buruk jika masuk kedalam tubuh karena akan melemahkan sistem imun tubuh dan meningkatkan risiko akan infeksi bakteri. Contoh makanan kaleng diantaranya adalah Daging, Sosis, buah-buahan dan Sayuran Kalengan, dan Minuman Kaleng.

    Mulailah kebiasaan untuk mengolah makanan dari bahan-bahan yang fresh dari pasar tradisional, selain menyehatkan juga baik untuk mempercepat penyembuhan TBC.

  3. Alkohol

    Penderita TBC perlu memperhatikan asupan alkohol, alkohol sendiri tidak hanya terdapat pada minuman keras. Namun, buah seperti Durian dan Anggur serta makanan Tape juga memiliki kandungan alkohol. Dampak buruk alkohol adalah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kadar kolesterol dan berujung pada penyakit jantung.

    Alkohol juga buruk bagi paru-paru karena dapat mempercepat peningkatan nitrosamin di dalam paru-paru. Oleh karenanya, alkohol pantangan TBC.

    Baca Juga: Makanan Pantangan Jantung

  4. Daging Kambing

    Bagi penderita radang paru-paru, baiknya mulai menghindari konsumsi daging kambing. Karena selain tingginya kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam daging kambing yang dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi. Daging kambing juga memiliki senyawa aktif yang dapat meningkatkan produksi zat nitrosamin yang merupakan penyebab TBC. Bagi penderita TBC konsumsi daging kambing hanya akan memperparah keadaan.

  5. Makanan Asin

    Makanan dengan kandungan garam yang tinggi sebaiknya dihindari mulai saat ini. Makanan asin berdampak buruk bagi paru-paru dan memperparah Asma. Garam merupakan penyebab tekanan darah tinggi dan penyumbatan pembuluh darah.

    Makanan seperti Ikan Asin mengandung zat nitrosamin, yang bersifat karsinogenik dalam tubuh dan dapat menyebabkan radang di tubuh kita. Selain nitrosamin, dalam ikan asin terdapat pula senyawa aktif lain yang mendorong pertumbuhan virus Epstein-Barr yang dapat membuat peradangan paru-paru.

    Selain Ikan Asin, Anda harus juga harus mewaspadai konsumsi acar, meskipun terdiri dari sayuran yang memiliki kandungan gizi seperti mentimun dan wortel. Nyatanya, dalam proses pembuatannya acar menggunakan cukup banyak garam. Mentimun dapat menjadi spons yang menyerap kandungan garam yang mengendap dalam acar.

    Makanan yang mengandung garam tinggi diantaranya, Daging Kalengan, Buah-Buahan Kalengan, Sayuran Kalengan, Acar dan Makanan Ringan.

  6. Terasi

    Terasi merupakan bahan makanan yang populer sebagai bumbu tambahan pelengkap sambel. Namun, konsumsi terasi bagi penderita tuberkulosis dapat memperburuk penyakit. Hal ini dikarenakan dengan kandungan rhodamin B dalam terasi dapat menyebabkan iritasi paru-paru. Bila dikonsumsi secara terus-terus, Rhodamin B dapat menjadi zat karsinogenik dalam tubuh. Mulai ini hendaknya mengurangi konsumsi terasi.

  7. Makanan Manis

    Makanan manis merupakan makanan yang dilarang untuk penderita TBC. Makanan bergula tinggi yang menggunakan gula halus seperti sereal, puding, kue kering, gula putih, dan roti putih mulai saat ini harus dihindari

    Mengingatnya banyaknya makanan yang dilarang bagi penderita TBC, tidak mengherankan bahwa penderita TBC umumnya juga mengalami masalah kekurangan gizi. Untuk proses penyembuhan TBC, diharuskan mengonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

    Makanan dengan kaya vitamin C seperti jeruk, jambu biji, propolis dan stroberi, serta teh hijau yang kaya akan antioksidan merupakan daftar makanan yang dianjurkan bagi penderita TBC.

Untuk membantu proses pengobatan TBC, diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B, Vitamin C, Antioksidan, dan Zat Besi. Dengan pengobatan medis dan suplemen gizi tambahan maka kualitas hidup penderita TBC dapat terjaga.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Kolesterol Kolesterol kini tidak lagi identik sebagai penyakit orang tua, banyak dari mereka yang berusia 40 tahun kini mengalami masalah dengan kolesterol. ...
Makanan Pantangan Kanker Payudara Saat berusaha untuk sembuh dari penyakit kanker payudara, tentu saja pasien diharuskan menjauhi makanan pantangan kanker payudara. Menghindari makanan...
Makanan Pantangan Penderita HIV/AIDS Bagi penderita HIV/AIDS nutrisi yang berasal dari asupan makanan merupakan hal terpenting karena makanan merupakan sumber nutrisi yang dapat menja...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.