Makanan Pantangan Tipes

Makanan Pantangan Tipes

Penyakit Tipes atau dalam dunia medis disebut dengan Demam Tifoid merupakan penyakit yang disebabkan infeksi bakteri salmonella typhi, infeksi bakteri ini disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri.

Makanan dan minuman yang terkontaminasi bagian kecil tinja yang mengandung bakteri penyebab tipes, dalam beberapa laporan disebutkan penularan ketika membasuh saluran kencing dengan menggunakan air yang terkontaminasi oleh bakteri yang kemudian berkembang biak dan menembus usus dan menyebar lewat pembuluh darah.

Bakteri yang masuk ke saluran pencernaan akan menyebabkan infeksi diikuti dengan diare dan menurunnya daya tahan tubuh.

Mengingat infeksi penyakit tipes disebabkan oleh makanan, maka kita harus menjaga kesehatan dan kebersihan makanan yang kita konsumsi. Selanjutnya, ada beberapa Makanan Pantangan Tipes yang sebaiknya Anda hindari.

Pantangan Makanan Penderita Tipes

1. Makanan Pedas

Makanan pedas merupakan hal pertama yang harus Anda hindari jika terkena penyakit tipes, makanan pedas dapat memperparah gejala tipes dan menyebabkan radang pada saluran pencernaan Anda.

2. Daging Merah

Bagi Anda yang mengalami tipes sebaiknya untuk sementara waktu hentikan konsumsi daging merah seperti Daging Sapi, Daging Kambing dan Daging Kerbau. Hal ini dikarenakan daging merah memiliki kandungan serat kasar yang membuat lambung bekerja lebih keras untuk mencerna serat daging merah, sehingga membuat lambung kelelahan.

Baca Juga: Makanan Pantangan Batu Ginjal

3. Makanan Tinggi Karbohidrat

Bagi Penderita Penyakit Tipes, sebaiknya hindari makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi seperti Beras Merah, Beras Ketan, Roti Putih, Ubi jalar, Jagung, Singkong dan Kue yang dengan bahan utamanya tepung gandum. Hal ini karena makanan-makanan tersebut membutuhkan waktu lebih lama dicerna oleh lambung. Penderita tipes harus mengistirahatkan lambung untuk mempercepat penyembuhan tipes.

4. Makanan yang Mengandung Gas

Makanan yang mengandung gas dapat membuat perut tidak nyaman dan mengganggu sistem pencernaan penderita tipes, sebaiknya hindari makanan seperti :

  • Brokoli
  • Kol
  • Kubis
  • Nangka
  • Anggur

Baca Juga: Makanan Pantangan Maag

5. Sayuran Tinggi Serat

Hindari sayuran yang mengandung tinggi serat seperti mentimun, daun singkong, daun pepaya, labu dan hindari sayuran mentah. Makanan dengan tinggi merupakan pantangan tipes karena dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan. saat tipes Anda dianjurkan untuk konsumsi sayuran rendah serat seperti Labu Siam, Wortel, Buncis, dan Kacang Panjang.

6. Kafein

Konsumsi kafein seperti Kopi, Teh dan Coklat dapat membahayakan bagi penderita tipes. Kafein yang terdapat pada kopi dapat menyebabkan perih yang sangat bagi penderita tipes.

7. Buah Pantangan Tipes

Buah-buahan yang mengandung vitamin c dan alkohol merupakan makanan yang harus dihindari penderita tipes, buah seperti

  • Jeruk
  • Mangga
  • Apel
  • Jeruk Lemon
  • Dukuh
  • Durian
  • Nangka
  • Rambutan dll

Karena buah dengan rasa asam dan alkohol merupakan buah pantangan penyakit tipes karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan sehingga menjadi musuh bagi penderita tipes. Buah yang baik untuk penderita tipes diantaranya adalah Alpukat dan Pisang.

Baca Juga : Buah Pantangan Ibu Menyusui

Demikian pembahasan mengenai Makanan Pantangan Penyakit Tipes yang harus Anda hindari. Semoga menambah wawasan Anda dalam bidang kesehatan beserta penanganannya.

Artikel Lainnya

Makanan Pantangan Diet Keto Saat memulai program diet Keto, terdapat makanan-makanan kesukaan Anda yang harus dihindari. Makanan yang harus dihindari dalam program diet dalam...
Makanan Pantangan Congek Penyakit Congek atau dalam istilah medis disebut sebagai otitis media suppuratif merupakan kondisi dimana terjadinya infeksi pada telinga Anda. Pe...
Makanan Pantangan Demam Berdarah Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dungue yang didapat dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti Dan Aedes ...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.